Berita / Berita Terbaru / Detail

Penerimaan Pajak Daerah Tahun 2017 Mencapai 115 %

Berita Terbaru 08 Januari 2018 14:33:37 WIB Administrator dibaca 571 kali

Kebumen - Pemerintah Kabupaten Kebumen boleh berbangga karena mampu melampaui pencapaian target penerimaan pajak daerah untuk tahun anggaran 2017.  Rasa bangga ini juga dirasakan oleh Bupati Kebumen yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bappenda Drs. Aden Andri Susilo, M.Si. "Alhamdulillah bukan hanya mencapai target, tetapi melampaui target pendapatan pajak daerah," ungkap Aden saat ditemui di ruang kerjanya Jl. Indrakila nomor 5 Kebumen, Rabu (3/1/2018).

Berdasar data yang diterima, target penerimaan pada tahun 2017 sebesar Rp 69,3 miliar dan tercapai Rp 79,7 miliar. Itu berarti Pemerintah Kabupaten Kebumen telah melampaui target sebesar 115 persen. Lebih menggembirakan lagi bukan hanya targetnya, tetapi tren penerimaan pajak yang juga ikut meningkat pesat. "Lebih penting saya lihat trennya dan tahun ini meningkat 26,9 persen ini sangat signifikan, dimana pada tahun 2016 Realisasi pendapatan pajak daerah adalah Rp. 62,84 miliar" tambahnya.

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) masih menjadi penyumbang terbesar penerimaan Pajak Daerah dengan penerimaan sebesar Rp. 34 milliar, diikuti Pajak Penerangan Jalan sebesar Rp. 27,3 milliar diurutan kedua. Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) menyusul berikutnya dengan penerimaan sebesar Rp. 8,5 milliar.

Aden menyadari bahwa pencapaian target pajak ini tak lepas dari peran banyak pihak selain pegawai Bappenda, wajib pajak dan masyarakat juga memiliki kontribusi signifikan, sehingga beliau sangat mengapresiasi kerja keras mereka dalam mengumpulkan pajak dan retribusi daerah.

Hasil yang diperoleh pada tahun anggaran 2017 akan dibuat acuan guna menentukan capaian penerimaan tahun berikutnya. Bahkan Bupati Kebumen menginstruksikan agar kita bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan target penerimaan agar capaian penerimaan pajak daerah lebih baik lagi, apalagi setelah Bappenda menjadi OPD yang mandiri diharapakan pendapatan melalui sektor pajak daerah dapat semakin meningkat. Untuk tahun anggaran 2018 sendiri Bappenda Kabupaten Kebumen menargetkan penerimaan pajak daerah pada angka Rp.89,99 miliar. Oleh karenanya Bappenda Kabupaten Kebumen akan selalu berusaha menjadi garda terdepan dalam membiayai program-program yang lebih baik lagi di Kebumen," tandasnya.