Berita / Berita Terbaru / Detail

Kebumen - Rabu (10/06/2020) Bappenda Kebumen jalin kerjasama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Kebumen dalam rangka mengoptimalisasikan Pendapatan Pajak Daerah dari sektor Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Kebumen, Drs. MAHMUD FAUZI, M.Si.

Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan adalah Pajak atas  perolehan hak atas tanah dan/atau bangunan. Sebagai amanat dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009, Perda Nomor 18 tahun 2010 dan Perbup Nomor 24 tahun 2012 Pembayarannya harus tetap dilakukan dengan teknis dan mekanisme yang berlaku.

Acara ini juga dihadiri oleh Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Kebumen, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Bagian Tata Pemerintahan, dan Inspektorat. Pada acara ini diserah terimakan Peta Zona Nilai Tanah (ZNT) dari Kantor Badan Pertanahan Nasional Kebumen berupa Hardcopy sejumlah 1 (satu) lembar dan Softcopy dalam bentuk file di flashdisk 1 (satu) unit yang mana dalam peta tersebut tertuang besaran ZNT di Kabupaten Kebumen dengan sistem zonasi.

Peta tersebut akan di gunakan sebagai referensi dalam penentuan besarnya pajak dalam hal ini PBB dan BPHTB yang nantinya dapat diubah ataupun di update satu tahun sekali atau sesuai kondisi di wilayah tertentu yang mengalami perkembangan ekonomi secara signifikan, sehingga hal ini diharapkan dapat meningkatkan akurasi data dan pendapatan Pajak Daerah baik dari sektor BPHTB maupun PBB.