Berita / Berita Terbaru / Detail


Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Kebumen mengadakan acara Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Tahun 2020 Satu Hari Lunas (SHL) pada hari Selasa 28 Januari 2020 di tiga lokasi yaitu SDN Tlogowulung Kecamatan Alian, Pasar Soma Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam dan Balai Desa Nogoraji Kecamatan Buayan. Acara ini diselenggarakan sebagai wahana penggiatan dan motivasi bagi masyarakat dan wajib pajak khususnya sebagai bentuk penguatan komitmen pengelolaan pajak daerah di Kabupaten Kebumen.

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, mengatakan peran serta masyarakat dalam pelunasan PBB semakin meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan progress positif penerimaan PBB dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pada Tahun 2019 jumlah peserta SHL sebanyak 128 Desa/Kelurahan sedangkan tahun 2020 meningkat menjadi 218 Desa/Kelurahan dengan target penerimaan PBB di bulan Januari 2020 sebesar Rp. 15 miliar. “ini menunjukkan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan yang didukung pula dengan semakin meningkatnya kualitas pelayanan dan program kegiatan pengelolaan perpajakan daerah tingkat Desa/Kelurahan hingga Kabupaten,” ujarnya. Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengapreasi niat warga yang taat terhadap pajak. Wabup berharap warga dapat menikmati hasil yang dilakukan melalui membayar pajak, dan mengajak untuk mengawasi penggunaannya.

Hadir pada acara tersebut, ketua DPRD Kebumen Sarimun, Kepala Bappenda Kebumen Drs. Mahmud Fauzi,M.Si, Kepala Kantor Petanahan Kebumen Tugas Dwi Padma, serta  sejumlah pimpanan OPD di lingkungan Kabupaten Kebumen. Pada kesempatan ini juga dilakukan Video Conference antara Bupati KH Yazid Mahfudz, dengan Wabup Arif Sugiyanto yang berada di Desa Gunungsari Kec. Karanggayam dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono di Desa Nogoraji Kec. Buayan. Setelah melakukan  Video Conference, dilakukan pembayaran PBB 2020 oleh Bupati, Wabup dan Sekda serta Forkopimda, pimpinan OPD  dan pejabat lainnya di masing-masing tempat acara. Adapun beberapa kegiatan lain setelah pembayaran PBB yaitu peninjauan lokasi wanawisata Curug Kedondong di Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam oleh Wabup Arif Sugianto dan Panen bayam oleh Sekda Ahmad Ujang Sugiono di Desa Nogoraji Kecamatan Buayan.

Kepala Bappenda Kebumen Mahmud Fauzi menjelaskan harapan diselenggarakannya kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat dalam kontribusi pembangunan melalui kepatuhan membayar pajak dan meningkatnya akuntabilitas pengelolaan pendapatan daerah dimana pemerintah dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa pengelolaan pendapatan daerah, terlebih pajak daerah dilakukan dengan benar, transparan, akuntabel dan pelayanan yang prima. Pada akhir acara SHL ini realisasi penerimaan PBB 2020 telah mencapai Rp. 10.687.850.021,00 (Rp. 10,6 miliar).