Berita / Berita Terbaru / Detail

Sambut New Normal Tim Pendataan Bappenda Turun ke Lapangan

Berita Terbaru 16 Juni 2020 16:16:29 WIB bidang pendataan dibaca 151 kali

Kebumen – Selasa (16/06/2020) Sambut New Normal Life, BAPPENDA Kabupaten Kebumen melalui Bidang Pendaftaran, Pendataan dan Penetapan melakukan pendataan objek pajak daerah. Kegiatan pendataan pajak daerah di wilayah kecamatan Mirit dan Prembun ini menyasar objek Pajak Bumi dan Bangunan yang belum terdata bangunannya.

Dalam kegiatan ini dilakukan pendataan terhadap 8 objek Pajak Bumi dan Bangunan, yaitu Pabrik pupuk Petroganik CV. Hasta Karya, SPBU 44.543.17 Tunggalroso Prembun dan 6 kandang ayam di wilayah Desa Lembupurwo. Selain bangunan juga di data Objek Pajak Air Tanah di SPBU 44.543.17 Tunggalroso Prembun. Untuk di wilayah Desa Lembupurwo Tim Bappenda didampingi oleh Tim dari Desa Lembupurwo. Hari sebelumnya (15/06/2020) telah dilakukan pula pendataan bangunan SPBU Semanding dan Pabrik pengolahan limbah batu bara di Rowokele.

Kabid Pendaftaran, Pendataan dan Penetapan Yochanes Agung Pamudji, S.sos, MM. menyampaikan, bahwa dalam periode New Normal ini diharapkan tim pendataan Bappenda dapat kembali turun ke lapangan melakukan pendataan objek-objek Pajak Daerah yang belum terdata yang sempat tertunda akibat Covid-19, sehingga dapat memberikan dampak terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kebumen. Meskipun Pajak Bumi dan Bangunan merupakan salah satu pajak daerah dengan capaian yang melampaui target ditahun 2019, namun pendataan objek bangunan baru di Pajak Bumi dan Bangunan akan tetap terus dilakukan. Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut betujuan agar pendataan dapat dioptimalkan yang diharapkan berdampak signifikan pada peningkatan pajak daerah.

Sementara itu, Plt. Kasubbid Pendaftaran dan Pendataan Riadi, SE menyampaikan bahwa Pendataan Objek Bangunan selain penggalian potensi juga untuk mengupdate data base Pajak Bumi dan Bangunan yang dimiliki oleh Bappenda. Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan pendataan akan terus dilakukan dalam periode new normal ini tentunya dengan memperhatikan prosedur kesehatan covid-19.