Berita / Berita Terbaru / Detail

Awal Tahun Baru Tim Pendataan Bappenda Turun ke Lapangan

Berita Terbaru 02 Januari 2019 16:19:02 WIB bidang pendataan dibaca 23 kali

Kebumen - BAPPENDA Kabupaten Kebumen melalui Bidang Pendaftaran, Pendataan dan Penetapan melakukan pendataan objek pajak daerah pada awal tahun 2019 ini. Kegiatan pendataan pajak daerah di wilayah kecamatan Karanganyar dan Rowokele ini menyasar objek Pajak Air Tanah yang belum melaksanakan kewajiban pajak daerah.

Dalam kegiatan ini dilakukan pendataan terhadap 2 objek pajak air tanah, yaitu CV. Tirta Kusuma Harapan dan PT. Tirta Gumita Sentosa. CV. Tirta Kusuma Harapan merupakan perusahan air mineral kemasan ALTIS melakukan pengambilan/pemanfaatan air bawah tanah di Dukuh Besuki Desa Jatiluhur Kecamatan Rowokele. Aktivitas pengambilan air mulai dilakukan per Januari 2019. Sedangkan untuk PT. Tirta Gumita Sentosa yang beralamat di Desa Pohkumbang Kecamatan Karanganyar melakukan aktivitas pengambilan air permukaan tanah dari mata air di desa Pohkumbang. Rencananya PT. Tirta Gumita Sentosa akan beroperasional di tahun ini dan akan menyediakan produk seperti air mineral kemasan, infuse water, kangen water dan oxy water, sedangkan untuk limbahnya akan dibuat pupuk organic untuk kebutuhan pertanian.

Kabid Pendaftaran, Pendataan dan Penetapan Yochanes Agung Pamudji, S.sos, MM. menyampaikan, bahwa dengan dibentuknya Tim Pendataan Pajak Daerah diharapkan mampu meningkatkan jumlah wajib pajak daerah, sehingga dapat memberikan dampak terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kebumen. Meskipun Pajak Air Tanah merupakan salah satu pajak daerah dengan capaian yang melampaui target ditahun 2018, namun pendataan objek-objek baru di pajak air tanah akan tetap terus dilakukan. Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut betujuan agar pendataan dapat dioptimalkan yang diharapkan meningkatkan jumlah wajib pajak daerah yang terdaftar setiap bulannya dan akan berdampak signifikan pula pada peningkatan pajak daerah.

Sementara itu, Kasubbid Pendaftaran dan Pendataan Sutino, SE menyampaikan bahwa Objek usaha pengambilan/pemanfaatan air tanah menjadi salah satu potensi dalam penggalian pendapatan sektor pajak daerah. “Pajak Air Tanah merupakan amanat dan diatur dalam Undang – Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, sebagaimana tertuang dalam pasal 1 UU 28/2009 ditegaskan bahwa Pajak Air Tanah adalah pajak atas pengambilan dan/atau pemanfaatan air tanah. Ada pun untuk pelaksanaan di Kabupaten Kebumen, Pajak Air Tanah diatur lebih lanjut melalui Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 19 tahun 2010 tentang Pajak Air Tanah.”