Polling

WAJIB PAJAK DAERAH TERFAVORIT
QUICK CHICKEN JADI BARU (Pajak Restoran)
CFC RESTORAN (Pajak Restoran)
WR. BAKSO AAN (Pajak Restoran)
MEOTEL (Pajak Hotel)
HOTEL SEJAHTERA (Pajak Hotel)
HOTEL DUNIA (Pajak Hotel)
PKU Muhamadiyah Gombong (Pajak Air Tanah)
Rosidyana Karimah / Toserba Jadi Baru (Pajak Air Tanah)
RS Palang Biru Gombong (Pajak Air Tanah)
PT.Karya Adi Kencana (Pajak Minerba)
Riban Karangsambung (Pajak Minerba)
Tri Umiana R Mangunweni (Pajak Minerba)
Menganti / Sengkuyung Makmur (Pajak Parkir)
Toserba Jadi Baru (Pajak Parkir)
PT Reska Multi Usaha Gombong (Pajak Parkir)
Café Dees Sruweng (Pajak Hiburan)
Jembangan Wisata Alam (Pajak Hiburan)
Happi Ness (Pajak Hiburan)

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Berita Terbaru / Detail

Pemerintah Kabupaten Kebumen Luncurkan E-Retribusi Pasar Tumenggungan

Berita Terbaru 26 Oktober 2018 09:22:18 WIB bidang pendataan dibaca 44 kali


Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, meluncurkan sistem pembayaran retribusi secara elektronik atau biasa disebut E-Retribusi untuk pasar tradisional. Sebagai pilot project Pasar Tumenggungan Kebumen dipilih menjadi lokasi pertama penerapan sistem tersebut. Langkah ini diyakini akan membuat pembayaran retribusi menjadi lebih efisien, transparan, mencegah penyimpangan,dan mendo­rong pedagang untuk lebih mudah dalam membayar retribusi.

Dari sisi pemerintah, penerapan E-Retribusi selain dalam rangka mendukung pelaksanaan program transaksi non tunai, juga berdampak pada penghemat­an biaya operasional dan petugas.“Penarikan retribusi yang tadinya dilakukan manual oleh beberapa petugas, sekarang cukup satu petugas. Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga tidak perlu lagi mencetak karcis karena untuk membayar retribusi pedagang hanya menempelkan kartu ke mesin yang disediakan. Mesin yang terhubung secara online itu akan mendebet langsung dana yang didepositkan pedagang di Bank Jateng,” papar Kepala Bappenda Kabupaten Kebumen, Drs. Aden Andri Susilo, M.Si, kemarin.

Peluncuran E-Retribusi ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang diwakili oleh Kepala Bidang  Sarana Perdagangan Putut Supriyadi S.Pi, dan Pimpinan cabang Bank Jateng Cabang Kebumen, Pramono.

Kehadiran E-Retribusi pertama untuk wilayah Kabupaten Kebumen  ini sangat diapresiasi oleh Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan inovasi baru ini untuk memberikan pelayanan retribusi pasar secara elektronik dengan meningkatkan efisiensi. Selain itu juga juga untuk efektivitas dalam pemungutan dan pembayaran retribusi pasar di Kabupaten Kebumen. Selain itu, E-Retribusi bertujuan untuk menekan angka kebocoran sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hadir dalam kesempatan itu Kapolres Kebumen AKBP Arief Bachtiar, Forkompimda Kabupaten Kebumen, para pejabat serta perwakilan pedagang Pasar Tumenggungan Kebumen.