Berita / Berita Terbaru / Detail

SOSIALISASI PAJAK HOTEL DAN RESTORAN TAHUN 2018

Berita Terbaru 13 November 2018 13:14:32 WIB dibaca 63 kali


KABUMEN - dilaksanakan sosialisasi pajak hotel dan restoran oleh Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Kebumen di Rumah Makan Yunani, Sruweng (12/11). Hadir dalam acara tersebut anggota PHRI se-Kabupaten Kebumen. Acara yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Kebumen tersebut berlangsung Pukul 09.00 WIB dan disambut baik oleh seluruh anggota PHRI se- Kabupaten Kebumen.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Kebumen memberikan materi tentang dasar pengenaan pajak daerah serta hak dan kewajiban pengusaha selaku Wajib Pajak Daerah. Dengan membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku diharapkan bisa membantu percepatan pembangunan dan ekonomi di Kabupaten Kabumen. Dengan sistem self assesment juga wajib pajak dapat menghitung sendiri berapa kewajiban pajak mereka dengan berdasar omset masing-masing yang tentunya berbeda setiap wajib pajak.

Acara yang dimoderatori oleh Ketua PHRI membahas tentang pelaksanaan pajak hotel dan restoran sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen yang masih membutuhkan penyuluhan guna meningkatkan kesadaran bagi setiap Wajib Pajak dalam membayar pajak daerah tersebut. Dalam pelaksanakan pembayaran Pajak Daerah memang masih mengalami beberapa kendala termasuk juga penurunan omset dari setiap wajib pajak karena berbagai pergolakan ekonomi. Untuk itu dari Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Kebumen memberikan berbagai macam kemudahan dengan pembayaran non tunai dengan sistem berbasis web, dengan ini memudahkan setiap wajib pajak dalam memebayar pajak daerah tidak perlu lagi ke kantor Bappenda tetapi cukup ke bank dan langsung setor ke kas daerah.

Selain itu hasil diskusi dengan seluruh anggota PHRI memunculkan masukan-masukan baru yang ditampung sebagai aspirasi untuk selanjutnya digunakan sebagai bahan pertimbangan perumusan kebijakan kedepannya. Dengan manjalin hubungan baik antara pemerintahan dan pihak swasta diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Kabupaten Kebumen.